26 Maret 2009

tips menulis lirik

Menciptakan sebuah lirik lagu adalah pekerjaan yang tidak mudah, membutuhkan konsentrasi dan pikiran yang jernih untuk menghasilkannya.Dibawah ini ada beberapa langkah untuk memulai membuat lirik lagu sederhana yang bisa anda lakukan kapan saja :
1. Pilih objek yang baru dan segar, ini akan membuat semuanya menjadi mudah.Kebanyakan lagu diciptakan melalui pengalaman anda sendiri ( contoh : pengalaman anda selama di sekolah atau pengalaman romantisme anda dengan seseorang ) dan hal tersebut adalah langkah termudah untuk memulai menulis.Namun anda harus berfikir lebih jauh mengenai pengalaman tersebut dalam arti apakah hal tersebut baru bagi anda dan bermanfaat bagi pendengar lagu anda.Jika anda ingin menulis sesuatu yang baru pastikan hal tersebut benar-benar anda pahami sebelum mencoba menulisnya dari sudut yang berbeda.

2. Putuskan terlebih dahulu langkah anda apakah ingin menulis lirik lagu atau musiknya.Yang mana saja anda akan putuskan, langkah kedua adalah hal tersulit karena menyesuaikan keduanya menjadi harmonis memerlukan keahlian khusus dan mungkin anda dapat meminta bantuan kepada seseorang yang lebih mengetahui hal tersebut.

3. Buat daftar secara jelas mengenai hal yang ingin anda tuangkan dalam lirik lagu.Tulis sebanyak mungkin ide yang akan anda tuangkan dalam sebuah lirik atau kata yang saling memiliki hubungan antara satu dengan yang lain.Tulis juga detail dari setiap lirik tersebut ( mungkin hal ini tidak akan dipakai pada hasil akhirnya ).

4. Memulainya dengan nada yang akan sering diulang-ulang.Nyanyikan nada tersebut dan rasakan apakah ada kecocokan dengan kata-kata yang anda tulis.

5. Gunakan kata-kata yang sering diucapkan banyak orang namun jangan terlalu kaku atau susah pengejaannya.Usahakan lirik tersebut mudah ditiru atau nyaman bila dinyanyikan kembali oleh pendengar.

6. Pikirkan untuk membuat ritme yang unik atau tidak biasa dalam lirik sebuah lagu.Mungkin anda akan membuat lirik yang sederhana namun berulang-ulang atau lirik yang rumit dan panjang namun hanya sekali menggunakannya.

7. Dengarkan dengan seksama apa yang sering orang ucapkan di sekitar anda dan mengenai hal apa yang mereka diskusikan.Mungkin hal itulah yang terbaik untuk lirik yang akan anda tulis nantinya.

8. Menggunakan gaya bahasa dalam lirik lagu anda merupakan nilai tambah yang patut diperhitungkan.

9. Menambahkan sesuatu yang membuat pendengar tersenyum atau apapun sehingga mereka selalu ingat pada lirik lagu anda.Bagaimanapun juga hal tersebut jangan sampai membuat lirik lagu anda menjadi kacau dan berubah maknanya.

10. Ciptakan judul lagu sederhana yang membuat orang menjadi penasaran dan bertanya-tanya mengenai isinya, namun harus tetap memiliki hubungan dengan isi dari liriknya.

11. Selalu jadilah diri anda sendiri tanpa harus meniru gaya dan suara dari orang lain.Jika semua lirik lagu yang diciptkan adalah seputar pengalaman anda sendiri mungkin pada awalnya terlihat aneh namun sesuatu yang hebat akan berawal dari sini. semoga bermanfaat...!!!!
dari:http://www.kawula-muda.com

0 komentar:

Posting Komentar

Powered By Blogger