22 Februari 2009

teknik vocal falsetto

















Teknik falsetto adalah teknik vocal dengan volume pelan (piano), adalah salah satu teknik yg cukup sulit dikuasai. Soalnya, saat kita melantunkan nada-nada falsetto tuh gak didukung ama tekanan udara, kayak kalo pake fullvoice, kayak Brandon Boyd vocalist Incubus yg bisa nggunain teknik ini dengan baik, dan bukan cuma teknik falsetto aja yang dia bisa, tapi hampir semua teknik pun dia kuasai.

Jadi, biasanya falsetto lebih mudah dinyanyikan di register headvoice (nada2 yg tinggi, buat suara cewe biasanya dari octave C, kalo suara cowo mulai dari B dibawah middle C).
nyanyi pake all 3 register pake tambahan, Minnie Riperton with pipevoice, yaitu suara yg tinggi banget (beberapa octave dari middle C) yg cuma bisa dijangkau ama penyanyi2 tertentu yg emang susunan anatomi ditenggorokannya sudah menunjang teknik itu.

Bedanya suara penyanyi seriosa dan penyanyi jazz/pop yg gak sekolah vocal,falsetto penyanyi seriosa terdengar lebih bulat walaupun mereka nyanyi pake nada tinggi ama piano (suara pelan) dan tone-nya jelas tanpa terdengar suara udara (cenderung lirih). beda lagi ama yang gak belajar vocal, biasanya lebih banyak kedenger suara udara daripada tone-nya sendiri, kayak pas nyanyi pake teknik falsetto. Semua itu terjadi karena koordinasi voicelips, muscles, tongue position, breathing, dan gak terlatih. Ini yg selalu kita denger dari penyanyi2 berbakat alami without vocaltraining backround.


Tapi, falsetto yg kita dengar dari penyanyi2 terkenal, umumnya di dunia pop, bisa digunakan untuk memberikan effect yg membuat lagu dinyanyikan lebih emosional. Cuman, terlalu sering nyanyi pake falsetto tapi belajar teknik vocal secara komprehensif, bisa ngerusak suara. Dan untuk nyembuhinnya perlu waktu ber-tahun2 dan orang itu gak boleh nyanyi dulu selama proses penyembuhan.

dari:
http://thrckstr.wordpress.com

8 komentar:

Anonim mengatakan...

Aku suka lagu seriosa judulx "Con Te Partiro". Pas dengerin lagux, aku terus2 an latihan vokal falsetto. Tapi aku g tau gimana posisi tenggorokan yang betul untuk vokal falsetto.
Tolong jelasin
Trims

manshoer_zoehdi mengatakan...

tolong lebih diperjelas lagi tentang teknik vokal falsetto..
terutama agar perpindahan dari suara asli ke suara falset (dan sebaliknya) lebih nyaman dan tidak glisando..
trims
himalkom IPB

ulil usil unyil mengatakan...

gmn ya cara ngatur tenggorokan???

Anonim mengatakan...

aq bisa menggunakan tekhnik falsetto hingga mencapai not C6

dady mengatakan...

mau tanya kalo mengolah tehnik vocal falsetto yang baik dan benar bgi mana caranya???
apakah ada senam mulut atau pengolahan pernapasan tertent???atau gimana???
makasih...
:)

Anonim mengatakan...

Apa sih bedanya falsetto sm head voice? Apa cewek sering melakukan falsetto?

Unknown mengatakan...

Kadang kalo aku mau falset tiba tiba gk keluar dan malah jadi fals, itu gimana ya?

cairy jaya mengatakan...

makasih artikel sangat membantu dan bagus kunjungi juga obat bius

Posting Komentar

Powered By Blogger